Cara membuat aplikasi manual ex.jar

22:43 Di posting oleh ical

1. Buat file dengan ekstensi .txt terlebih dahulu yang isinya seperti ini :
Code:
Main-Class : Utama
Manifest-Version: 1.0

Sun menyarankan agar isi file manifest diberikan baris kosong di baris yang paling bawah. Simpan dengan nama misalnya mymanifest.txt

2. Kumpulkan/jadikan satu folder file mymanifest.txt dengan class program kamu, misalnya di sini adalah Utama.class

3. Ketik option dibawah ini :
Code:
jar cvmf MyJar.jar mymanifest.txt Utama.class



keterangan :
Myjar.jar ==> nama file jar yang kita buat
mymanifest.txt ==> nama file manifest yang telah kita buat
Utama.class ==> file hasil dari file java yang telah kita compile

Jadi yang dimasukkan itu bukan file.java-nya tapi justru file yang ekstensinya .class, dengan begini source program kita dapat aman dari tangan2 jahil Laughing
Untuk option Utama.class di atas dapat kita ganti dengan option *.class yang artinya Java akan otomatis mencari semua file yang berekstensi .class pada folder tersebut.
Nanti di jendela console akan tampil penjelasan file yang disatukan dalam satu jar, yach pesan adding : Utama.class bla..blaa Very Happy

Udach jadi dech, tinggal kita double click file .jar-nya nanti aplikasi langsung dijalankan.

Beberapa masalah mengapa .jar tidak berjalan sebagaimana mestinya :
1. Bila kita double click file .jar kita yang keluar malah isi dari file jar itu(biasanya diopen oleh winrar, winzip, atau Nokia player). Nach di sini bukan berarti ada kesalahan pada pembuatan file jar, tapi program pembuka defaultnya aja yang salah, tinggal kita ganti aja. Klik kanan properties di file jar-nya dan ganti open with-nya dengan javaw.exe yang berada di folder bin tempat kita menginstall java.

2. Ada pesan peringatan "can not found main class nama_file.class" ini berarti ada dua kemungkinan kesalahan. Yang pertama kesalahan yang berada pada file manifest.txt kita di bagian Main-Class. Main-Class adalah class utama tempat Main Method program kita berada(yang public static void main itu loh).
Nach yang kedua adalah kita lupa men-setting classpath yang mengarah ke file jar yang baru saja kita buat. Langsung dech kita setting classpath-nya agar mengarah ke file jar buatan kita sendiri.

Saya rasa ini dulu yang bisa saya jelaskan. sumber yang lebih jelas dapat kita pelajari di tutorial sun microsystem :


http://java.sun.com/docs/books/tutorial/deployment/index.html


Bila udach terbiasa kita dapat menggunakan option2 yang lainnya. Atau bisa juga kita menyatukan beberapa jar dalam satu jar. Ini berguna sekali dalam aplikasi yang menggunakan 3rd party seperti program database yang memerlukan file jdbc driver.

Atau lebih enak lagi menggunakan Java Web Start, dengan ekstensi jnlp maka program desktop kita dapat dijalankan melalui browser. Keren dech, dan biasanya sun microsystem menggunakan ini dalam menjalankan aplikasi2 demo di tutorial2 online yang diberikan.

Semoga membantu, kalo masih lum jelas tanya aja lagi. Ok bro'
Good luck and keep coding Razz


Related Post



3 komentar:

  1. Anonim mengatakan...

    makasih atas infonya

  2. jac670 mengatakan...

    software seperti inclass atau lain2 kagak ada..?? untuk mengedit bahasa, sistem, untuk bsa d download gtu, owh ya sob visite my wapsite WWW.RENCONG.WEN.RU thank infonya

  3. Anto mengatakan...

    mksih ya...

Posting Komentar

Share/Save/Bookmark